Welcome to Self Improvement My Friend!!

Hi Readers,

Setelah seminggu penuh melakukan aktivas sehari-hari, saya baru sempat melakukan update posting di blog ini. Melanjutkan pembahasan artikel saya sebelumnya tentang mengenal globalisasi dan munculnya persaingan yang ketat serta pentingnya terus mengembangkan diri, pada artikel ini saya ingin mensharingkan pengalaman saya dalam usaha saya mengembangkan diri. Untuk pengembangan diri ini sebenarnya sudah saya ketahui sejak saya duduk di bangku SMP, namun saya baru menyadarinya ketika saya masuk di bangku perkuliahan. hehe. Ya bisa dibilang sudah telat tapi ya sudahlah yang penting saya sudah sadar dan memperbaikinya.

Step awal dalam pengembangan diri adalah menyadari bahwa tujuan hidup kita adalah mengembangkan bakat dan talenta kita (Mat 25:20-21). Dari ajaran agama saya mengajarkan bahwa Tuhan menghendaki agar manusia terus mengembangkan talenta dan kemampuannya. Oleh sebab itu penting untuk kita terus mengembangkan diri sampai akhir hayat kita sehingga ketika dipanggil oleh Yang Maha Kuasa, kita dapat mempertanggung jawabkannya. Selain itu dengan mengembangkan diri, kita juga melatih kedisplinan kita. Di salah satu buku yang saya baca (7th habbit karangan Steven Covey), kesuksesan/ kegagalan seseorang ditentukan oleh kebiasaannya. Jadi penting buat kita ketahui bahwa pengembangan diri itu sangat wajib jika kita ingin sukses.

Ok.. Ok.. Saya mengerti bahwa mungkin teman-teman ingin tau bagaimana sih caranya? Buat saya, setelah menyadari tujuannya, yang perlu kita lakukan adalah memulai kebiasaan membaca. Karena ada pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia. Buat saya itu sangat benar dan saya sangat berterima kasih sekali kepada teman kecil saya Michael yang mulai mengenalkan kepada saya kebiasaan membaca pas duduk di bangku SMP. 🙂 Awalnya dia sering mengajak saya untuk menemani dia membaca buku di toko buku gramedia. Dan tiap kali ke sana, dia menghabiskan waktu bisa 1-2 jam. Dan sambil menunggu dia, saya awalnya mulai membaca buku-buku seperti komik dsbnya. akhirnya mulai penasaran dengan buku yang ia baca. Dan akhirnya dia mulai mensharingkan pengalaman dia selama membaca buku dan apa saja yang dia pelajari dan jujur saya sangat kagum dengan ilmu yang disharingkan oleh dia, dan saat itu mulai menyukai membaca buku (Terima kasih ya Mike.. Uda mengenalkan kebiasaan membaca buku kepada saya). Kemudian ketika masuk ke bangku SMA, kebetulan jadwal saya sangat penuh dikarenakan mengikuti organisasi sekolah (OSIS-MPK) dan padatnya jadwal pelajaran sekolah (Lab, Ujian dsbnya) akhirnya singkat cerita, saya baru memulai kembali membaca buku pas di bangku kuliah.

Suatu hari saya menemukan buku berjudul 7 Habbit karangan Steven R. Covey. Dan setelah membacanya, pandangan saya jadi sangat terbuka dan sejak saat itu saya memulai kebiasaan untuk membaca buku. Jujur kebiasaan ini sangat membantu saya di dalam dunia kerja dan membantu perkembangan karir saya. Oleh sebab itu saya sangat menganjurkan ke teman-teman untuk memulai kebiasaan membaca buku. Oh Iya, baru-baru ini saya menemukan suatu link video di youtube yang sangat bagus. Di bawah ini adalah video. Please check it up my friend. 🙂

semoga teman-teman menyukainya. Salam.

Leave a Reply

