Mengenal apa Itu Globalisasi

Hi Readers

Pada artikel ini saya mau share sedikit tentang hasil perenungan saya tentang era globalisasi. Kok saya tiba-tiba bisa merenungkan tentang era globalisasi ini? Awalnya dimula ketika saya membaca suatu majalah tentang bisnis IT (infokomputer). Saya sering sekali membeli majalah ini dikarenakan dalam majalah ini banyak membahas perkembangan dunia IT dan praktisinya di dalam dunia kerja sehari-hari. Dan yang paling saya suka adalah tentang wawancara dengan praktisi di dunia IT seperti CIO,Direktur, Manager IT di perusahaan-perusahaan besar dan bagaimana cara mereka mengembangkan perusahaan mereka dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Upss jadi promosi majalah. hahaha.

Oke kembali lagi ke pembahasan sebelumnya, ketika saya membaca salah satu artikelnya yaitu tentang perkembangan e-commerce di indonesia, saya mulai menyadari pertumbuhan dunia bisnis sangat pesat. Saat ini sudah mulai banyak sekali toko-toko online bermunculan dan mulai banyak orang-orang yang berbelanja di dunia maya. Di dalam artikel majalah ini, dibahas banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang mulai melirik bisnis di dunia maya ini contohnya seperti Lippo Group yang sedang mengembangkan toko onlinenya mataharimall.com dan alfa mart yang sedang mengembangkan toko onlinenya alfaonline.com. Perusahaan-perusahaan ini tidak main-main dalam mengembang bisnisnya di dunia maya bahkan modalnya sampai ratusan juta dollar. Dari hal ini kita dapat membayangkan dengan modal yang sangat besar dan analisis bisnis yang sangat matang, perusahaan-perusahaan besar ini akan bersaing melahap pangsa pasar dan menguasai market pasar di dunia maya. Hal ini tentu akan menimbulkan persaingan yang sangat tidak seimbang antara perusahaan kecil dengan perusahaan besar. Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan kecil adalah menemukan inovasi lebih menarik dan ide yang lebih kreatif serta meningkatkan service yang lebih baik untuk mempertahankan market pasarnya. Dan tentunya modal yang besar sangat diperlukan serta analisis yang lebih lengkap dan akurat sangat diperlukan.

Hal ini sangat mengelitik pikiran saya, kemudian saya juga teringat tentang globalisasi yang saat ini sedang terjadi di negara kita dimana mulai banyak karyawan ex-pat (luar negeri) yang bekerja disini seperti orang india, cina, dsbnya. Dan persaingan pun sangat ketat. Dan kalau boleh jujur, dari pengalaman teman-teman yang bekerja di luar negeri. Karyawan asing mempunyai daya juang yang tinggi serta mental yang lebih baik dibandingkan karyawan lokal. Sebagai contoh karyawan india, di negara india, tingkat kemiskinan sangat tinggi sehingga untuk persaingan di dalam dunia kerja sangat tinggi dan menyebabkan setiap individu disana sangat ketat persaingannya. Dan setiap individu yang bekerja di luar negeri tentunya sangat berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya sehingga tentu mentalnya sudah tahan banting.

Hmm.. Jadi pointnya apa nih? Tadi kita ngebahas tentang e-commerce kemudian tentang persaingan di dunia bisnis, sampai tenaga kerja asing. Nah.. yang saya mau bahas itu adalah saat ini persaingan di dunia kerja / bisnis sangat tinggi. Saya pun sendiri sadar bahwa saya sudah sangat tertinggal oleh tenaga kerja asing terutama di semangat kerja mereka. Dan saya sadar bahwa perubahaan bisnis semakin cepat dikarenakan perkembangan teknologi yang cepat dan agresif sehingga kita dituntut untuk bisa beradaptasi lebih cepat untuk dapat bersaing dengan tenaga kerja asing dan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Dan ini juga berlaku untuk dunia bisnis (wiraswasta). Kita perlu untuk terus mengembangkan diri kita dan terus belajar seperti kata-kata Om Steve Job (“Stay Hunger Stay Foolish”). So teman-teman yang readers terkasih, mari kita sama-sama terus mengasah diri kita dan mulai menyebarkan semangat positif untuk membangun negeri kita tercinta supaya menjadi lebih baik dan tidak lupa paling penting yaitu mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan untuk setiap anugerah yang kita terima.

 

-el-

One thought on “Mengenal apa Itu Globalisasi

Leave a Reply

